Era Digital Ekonomi Dan Bisnis

Picture by : https://aceh.tribunnews.com/2018/04/25/punya-bisnis-di-era-digital-begini-cara-efektif-mengembangkannya

Ekonomi Digital adalah kegiatan perekonomian yang memanfaatkan bantuan internet dan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence). Adanya perekonomian digital bisa memudahkan kegiatan ekonomi secara umum.
Perekonomian digital mengubah pola bisnis, dari yang semula serba dilakukan secara manual berubah menjadi serba otomatis. Pelaku bisnis bisa mengandalkan sistem untuk menjalankan usahanya. Kegiatan operasional yang biasanya memerlukan tenaga kerja kini dapat dilakukan oleh sistem.Misalnya, adanya perubahan akibat ekonomi digital adalah membuka toko tanpa harus mempunyai bangunan fisik. Untuk mempunyai sebuah usaha, seseorang tidak harus membangun toko fisik karena bisa berjualan secara online. Salah satunya, kita dapat berjualan melalui marketplace.
Banyak dan sering dengan sistem transaksi berbasis online, pembayaran pun sama. Sekarang dengan kemudahan sistem pembayaran dapat dilakukan dimana saja, tempat dan waktu, tidak akan mempengaruhi sistem pembayaran.


Picture by : https://ciosea.economictimes.indiatimes.com/news/next-gen-technologies/artificial-intelligence-market-to-reach-usd-1581-70-bn-by-2030/92189192

Perubahan kegiatan ekonomi menjadi serba online merupakan bukti nyata dari perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Banyak perusahaan startup yang terus berinovasi demi memberikan pelayanan online kepada konsumennya. Ada beberapa pengertian ekonomi digital menurut para ahli, salah satunya Don Tapscott. Don Tapscott merupakan tokoh yang pertama memperkenalkan istilah ekonomi digital dalam bukunya yang berjudul The Digital Economy : Promise and Peril in the Age of Networked Intelligence pada tahun 1995. Dalam bukunya, Don Tapscott menyebutkan ekonomi digital adalah kegiatan ekonomi yang berdasar pada teknologi digital internet. Sebutan lain dari ekonomi digital adalah internet economy, web economy, digital–based economy, new economy knowledge atau new economy.

Komentar

Postingan Populer